Selasa, 28 Desember 2010

INFORMASI SUPERHIGHWAY

RIVA WIDYA AYU (09220161)
IKOM C

PERTEKOM

INFORMASI SUPERHIGHWAY



DEVINISI
    Superhighway informasi atau infobahn adalah istilah yang populer digunakan melalui 1990-an untuk mengacu pada sistem komunikasi digital dan jaringan telekomunikasi internet. Dengan kata lain, informasi superhighway merupakan media / jaringan yang luas yang digunakan untuk kecepatan transfer data berupa file, audio, video, dll.
    John V. Pavlik merumuskan informasi superhighway sebagai jaringan data elektronik yang dihasilkan oleh teknologi komunikasi yang canggih, yang menghasilkan berbagai bentuk informasi dari seluruh pelosok dunia, dan bisa diakses dengan menggunakan video dan komputer.
    Untuk itu informasi superhighway menjadi bebas sensor Informasi superhighway memungkinkan khalayak untuk:
1. Berhubungan dengan indivodu/masyrakat lain daerah/negara dengan cepat
2. Menyalurkan aspirasi dan ekpresi yang bisa menjadikan dirinya akrab dengan individu/masyarakat lain
3. Mengakses semua hasil kebudayaan yang muncul di berbagai daerah.

    Melihat paparan diatas maka informasi superhighway mampu membentuk tatanan baru, diamana salah
satu ciri utamanya adalah lalu lintas informasi diatur oleh individu.
   
    Sisi negatif yang mungkin muncul dari informasi superhighway ini adalah seringnya muncul pesan yang menghasut dan merangasang selera rendah manusia. Ketika banyak informasi yang menghasut, tidak bertanggung jawab dan merangsang selera rendah manusia maka orang yang mengakses informasi itu yang perlu dingatkan untuk menyaring terlebih dahulu informasi yang diterima. Jika tidak demikian oarng tersebut akan dilanda kecemasan informasi. Itu sebabnya informasi superhighway tidak cocok untuk semua lapisan masyarakat, ia hanya cocok untuk masyarakat supra rasional.

    Masyarakat supra rasional adalah masyarakat yang mampu bermedia massa secara proporsional, yaitu yang bisa membaca pesan-pesan yang disiratkan oleh informasi tentang kebudayaan teknologi industrial dan kebudayaan profesional, masyarakat yang bisa memahami makna dan konteks berita yang disiarkan media massa dan masyarakat yang tidak bisa dipengaruhi oleh retorika kosong dan propaganda murahan lewat media massa.

    Sebagai teknologi komunikasi, informasi superhighway sesungguhnya mengisyaratkan khalayak untuk mengontrol informasi, menyesuaikan keinginannya dan meningkatkan interaksi individu dengan masyarakat lain.

Media Akses Informasi Superhighway

    Informasi superhighway bisa diakses lewat media e-mail, online-communications, web, Google Crome, Youtube, Internet Explore, Yahoo, Facebook dan lain sebagainya. Sarana yang dimaksud adalah jaringan internet. Teknologi komunikasi yang berbasis internet juga bisa dimasukkan dalam kategori media Informasi Superhighway.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar