Senin, 18 Oktober 2010

RIVA WIDYA AYU

09220161


Perkembangan Teknologi  Telepon


Saat ini komunikasi antar manusia makin mudah karena udah ada fasilitas telepon, yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari.mulai dari telepon rumah sampai telepon genggam atau hp. Tokoh yang paling berjasa dibalik penemuan telepon adalah Alexander Graham Bell. Dia adalah orang pertama yang menemukan pesawat telepon.

Alexander Graham Bell mulai melakukan penelitian dengan menggunakan phonatograph, multiple telegraph dan electric speaking telegraph dari tahun 1873 sampai 1976 yang dibiayai oleh dua orang ayah dari muridnya.

Sebelum ditemukannya alat komunikasi berupa telepon, manusia sangat kesulitan untuk menghubungi atau menyampaikan pesan kepada orang yang bertempat tinggal jauh dari dirinya. Dengan adanya telepon, orang-orang tidak perlu kerepotan lagi untuk menghubungi orang lain dimana pun orang itu berada.

Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

Pada telepon terdapat the local loop atau subscriber loop yang merupakan peralatan yang berfungsi untuk menghubungkan layanan telepon rumah atau komersial ke CO perusahaan penyedia layanan telepon. Koneksi tersebut secara umum terdiri dari sepasang kabel tembaga yang saling terlilit.

Makin banyak saja orang yang ber-SMS (Short Messages Service). Karena itu, pada hari-hari khusus seperti Hari Raya, banyak SMS yang "menggantung di udara", tak dapat segera diterima. Alasan larisnya SMS sebagai sarana komunikasi, ialah karena membantu komunikasi agar lebih efisien, dan pastinya lebih murah daripada melakukan percakapan via handphone atau SLJJ (Sambungan Langsung Jarak Jauh)/Sambungan Langsung Internasional (SLI).

Potensi digemarinya fitur SMS, membuat para peneliti teknologi komunikasi semakin semangat mengembangkannya. Maka, muncullah berbagai teknologi turunan SMS, seperti EMS (Enchaned Message Service, yang tidak sekadar mengirim teks, tapi juga karakter serta ringtones), atau MMS (Multimedia Message Service, yang membuat kita bisa mengirim image/gambar). Dan kini, perkembangan teknologi mengalami perkembangan. Antara lain yang telah dikembangkan Divisi Riset dan Teknologi Informasi (RisTI) PT Telkom Indonesia, yaitu pengiriman SMS melalui telepon rumah.

Ada beberapa perbedaan prinsip kerja antara mengirim SMS lewat telepon rumah ini, dengan SMS melalui handphone. Antara lain soal penggunaan teknologinya. Bila handphone menggunakan teknologi ISDN (Integrated Service Digital Network), maka telepon rumah ini menggunakan standar ETSI (European Telecomunication Standard Institute) yang memanfaatkan IN (Intelegent Network). Jadi, jika ISDN memakai cannal signaling, ETSI cukup menempel di terminal suara saja (dalam kabel). Ini membuat teknologi telepon rumah jadi lebih murah dan mudah dibandingkan dengan handphone. Karenanya, pelayanan SMS-nya menjadi lebih murah. Pihak Telkom cukup menempelkan server SMS Center (SMSC) di sentral-sentral telepon (STO). Tidak usah repot-repot membangun tiang-tiang pemancar atau instalasi-instalasi seperti yang dilakukan para provider handphone.

Lalu, tentu saja soal medianya. Untuk bisa ber-SMS di telepon rumah, kita harus mempunyai pesawat telepon khusus, yang disebut SMTE (Short Message Terminal Equipment). SMTE ini mirip dengan telepon biasa, tapi memiliki perbedaan ada layarnya. Malah ada jenis SMTE yang juga dilengkapi keyboard, tentu ini akan mempermudah kita mengetik pesan yang akan dikirim.

Menurut pihak Telkom, alat ini bisa dibeli di service point Telkom, atau toko-toko komunikasi biasanya. Tanpa harus mendaftar lagi, cukup pasang, dan fitur ini sudah langsung bisa kita nikmati. Bukan berarti karena harus menggunakan alat khusus, fitur ini hanya bisa dilakukan antar-SMTE saja. Alat ini juga memungkinkan untuk mengirim pesan ke handphone.

Ada 20 pesan masuk (Inbox) yang bisa disimpan di SMTE. Sedang untuk pesan keluar (Outbox) memorinya cuma lima. Tapi kemampuan menyimpan nama dan nomor telepon bisa sampai 100 nomor. Malah kalau ada pesan yang tak mau dihapus, kita juga bisa menandainya. Hingga tak terhapus otomatis saat pesan baru masuk.

Selain untuk mengirim pesan, SMTE juga memberikan layanan info lainnya, seperti info tagihan listrik, telepon, kurs valuta asing, dan lain-lain.SMTE juga bisa digunakan untuk mengirim dan membaca e-mail. Bukan sesuatu hal yang tidak mungkin terjadi, kalau sebentar lagi kita juga bisa kirim pesan bergambar via MMS dari telepon rumah

Selain bisa untuk SMS, ada lagi kelebihan yang ditawarkan dan dapat dinikmati oleh pelanggan telepon rumah, antara lainnya yaitu:

Telepon digital

Public Switched Telephone Network (PSTN) dilakukan berdasarkan hubungan langsung antara sender dengan receiver yang harus menggunakan kabel tembaga, serat optic, satellite, fixed wireless, dan mobile wireless circuit. Penggunaan jaringan tersebut melibatkan komponen dasar yaitu telepon, network access, central office (CO), trunks and special circuit, dan customer premise equipment (CPE).perkembangan PSTN sebagai sistem telepon digital telah meningkatkan kapasitas dan kalitas jaringanya sehingga memungkinkan untuk menggunakan beberapa saluran komunikasi dalam sebuah medium pertukaran.

Telepon IP

Jenis telepon IP lewat Internet

Telepon IP (Internet Protocol) merupakan telepon teknologi baru yang menggunakan protokol internet dalam pengoperasiannya. Telepon IP ini dapat digunakan untuk memindahkan hubungan untuk mengganti suara, mengirim fax, paket video, dan bentuk penyampaian informasi lainnya yang telah digunakan pada sistem telepon terdahulu. Telepon IP menggunakan koneksi internet untuk mengirimkan data. Dalam perkembangannya, layanan telepon IP akan bekerja sama dengan perusahaan telepon lokal, provider jarak jauh seperti AT&T, perusahaan TV cabel, Internet Service Providers (ISPs), dan operator layanan wireless. Telepon IP merupakan bagian penting dalam penggabungan antara komputer, telepon, dan televisi dalam satu lingkungan komunikasi. VoIP (Voice over IP) adalah pengorganisasian untuk menstandardisasi telepon IP. VoIP digunakan sebagai landasan untuk unified message (UM) dan unified communications (UC). Tanpa VoIP, integrasi dari berbagai program server akan sulit dilakukan. Jaringan yang ada pada IP bukan tipe yang siap untuk menghadapi lalu lintas VoIP sistem LAN harus dibagi antara VLAN dengan pesan suara dan data.

FAX MACHINE

Fax Machine adalah salah satu cara untuk mengetahui informasi dengan cepat dan mudah melalui saluran telepon. Fax Machine merupakan peralatan elektronik yang terdiri dari modem scanner dan printer. Pesan gambar Anda yang dikirimkan melalui fax akan terlihat melalui scanner yang akan dikonversi ke dalam paket data yang akan dikirim menggunakan pulses melalui saluran telepon biasa dan terlihat kembali melalui komputer.
Dengan menggunakan fax machine kita bisa lebih mudah mengirim data penting yang dibutuhkan pada saat itu juga, tanpa menunggu terlalu lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar